Agar Rambut Tergerai Sehat

Rambut merupakan mahkota wanita yang memberi andil pada kecantikan pemiliknya. Rambut rontok setiap kali menyisir bisa menjadi sesuatu yang sangat menakutkan.
Kerontokan pada rambut tergolong normal jika jumlahnya sedikit. Namun, jika lebih dari 100-150 helai tiap hari dan kerap mengumpul di sisir, Anda patut waspada.
Apa penyebab rambut rontok? Diet yang tak sehat dan penataan rambut dengan bahan kimia bisa menjadi penyebabnya. Konsumsi buncis, jeruk, air putih, kacang kedelai, almond menjadi bagian dari makanan diet yang perlu dikonsumsi untuk mencegah rambut rontok. Namun, selain diet sehat, ada beberapa solusi alami yang direkomendasikan para ahli untuk mencegah rambut rontok.
Dr Ritu Mathur, spesialis rambut, memberi solusi alami untuk mengatasi masalah rambut rontok. "Cara alami ini tidak sepenuhnya bisa mencegah rambut rontok. Tapi bermanfaat untuk mengendalikannya,"kata Dr Mathur seperti dikutip dari Idiva.
Makan-makanan diet sehat seimbang adalah langkah pertama, kata Dr Mathur. "Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi, rambut Anda akan menjadi lemah, yang menyebabkan rambut rontok,"katanya.

Rekomendasi pertamanya adalah kedelai, mengandung zat besi dan vitamin E. "Besi sangat penting untuk hemoglobin, yang membawa oksigen ke kulit kepala. Rambut Anda pun tidak dapat tumbuh tanpa Vitamin E dan sirkulasi darah yang lancar ke kulit kulit kepala,"katanya.
Kedua, memanjakan rambut. "Memijat kulit kepala selama beberapa menit setiap hari akan menstimulasi aliran darah ke kulit kepala," kata Dr Mathur. Memijat juga dapat mendorong pertumbuhan rambut karena kulit kepala Anda mendapatkan lebih banyak darah.

Minyak kelapa murni juga bermanfaat untuk mengontrol rambut rontok sampai batas tertentu. Minyak lain yang bisa Anda gunakan adalah minyak almond, minyak lavender dan minyak jojoba. Minyak ini merangsang kulit kepala. "Minyak Jojoba sangat baik karena menggantikan sebum di kulit kepala. Ini juga mengontrol ketombe," kata Dr Mathur.
Selanjutnya ia merekomendasikan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Menerapkan Aloe Vera untuk kulit kepala merupakan cara lain untuk mengendalikan rambut rontok. "Aloe Vera menyembuhkan kulit kepala dengan menyeimbangkan tingkat pH di kulit kepala , memiliki sifat pembersih yang mampu menyapu kotoran di kulit kepala dan membersihkan pori-pori.”
Menggunakan pewarna rambut alami dari tetumbuhan henna juga merupakan merawat rambut dan pelembut alami. Tumbuhan ini akan membuat rambut Anda terlihat sehat. Pelembab alami lainnya yakni dadih dan telur  mernjadikan rambut lebih kuat, dan tak mudah rontok.
Rajin keramas dan melakukan detoksifikasi untuk rambut juga sangat dianjurkan. Pola makan dan gaya hidup yang tak sehat akan menambah racun dalam tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, perlu dilakukan detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dan menyehatkan kulit kepala.
"Minum banyak air dan konsumsi vitamin serta mineral pun bermanfaat untuk rambut. Dan rambut merupakan bagian pertama dari tubuh yang bisa dijadikan sinyal kuat jika ada tanda-tanda masalah dalam tubuh,” kata Dr Mathur.
"Jika Anda kehilangan lebih dari 100-150 helai rambut setiap hari, bisa jadi karena penyakit, segera konsultasikan ke dokter" ucap Dr Mathur. (eh) 

Mohon dukungannya ya dalam kontes SEO Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia

Agar Rambut Tergerai Sehat


.::Artikel Menarik Lainnya::.